Banyak sekali akhir-akhir ini yang ingin karyanya dapat ditemukan di youtube, namun apakah sudah sesuai prosedur nya dari YouTube sendiri? ataukah sudah memahami bagaimana sistem pencarian di YouTube berkerja?. Karena hal tersebut dapat membantu membesarkan channel YouTube mu sendiri.

Semenjak di akusisi oleh google, YouTube terus mengembangkan beberapa fungsi nya. Tujuan nya adalah saat seseorang mencari sesuatu sesuai keyword yang mereka maksudkan maka YouTube memberikan hasil pencarian yang tepat untuk kamu.

Mari kita fahami bagaimana bisa ditemukan di Youtube

Alogaritma mengikuti audience

YouTube selalu mencoba mencocokan apa yang kita ingin lihat. Sekitar 400 jam video yang di upload setiap menit nya hal ini menjadikan tantangan tersendiri bagi YouTube. Maka di buatlah alogaritma yang dapat menyesuaikan ketertarikan untuk para audience di YouTube itu sendiri. Tujuannya mereka adalah untuk membuat para peng-akses Youtube itu sendiri kembali lagi setiap saat.

Jadi bagaimana alogaritma YouTube itu sendiri bekerja? Mudah nya sistem dari YouTube sendiri tidak bisa membuat opini sendiri dari konten atau video yang kita buat. Jadi lebih baik fokuskan pada beberapa poin di bawah ini:

  • Apa yang mereka lihat
  • Apa yang audience tidak lihat
  • Berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk menikmati konten
  • Likes dan Dislikes
  • ‘not interested’ Feedback

Jadi di tekankan lagi daripada mencari tahu bagaimana alogarima YouTube bekerja, lebih baik fokus kan pada konten audience sukai.

Contoh : Jika kita pernah menonton satu konten tentang “Heavy Metal” lalu kita sukai, maka kita akan melihat konten yang berhubungan dengan Heavy Metal saat kita melihat konten update dari YouTube. YouTube akan selalu merekomendasikan konten yang sama atau berhubungan.

Baca Juga  Tantangan E-commerce dan digital marketing di tahun 2019

Jadi sangat penting sekali mengerti siapa para calon penikmat konten kita, jika kamu ingin konten kamu dinikmati para penyuka musik Dangdut maka jangan memasukan keyword yang tidak berhubungan dengan Dangdut.

Lalu dari mana kita dapat mengetahui calon potensial para penikmat konten kita? jawaban nya adalah YouTube Analytics, yang bisa di aktifkan di Menu YouTube Studio.

Pencarian

Karena YouTube berkembang dan bekerja sama hal nya dengan mesin pencari Google, maka dapat disimpulkan bahwa YouTube berusaha keras menampilkan hasil yang paling relevan sesuai dengan permintaan kata kunci atau keyword.

Video diberi peringkat berdasarkan berbagai faktor termasuk seberapa baik judul, deskripsi, dan konten video cocok dengan permintaan penonton.

Jadi untuk meraih peringkat teratas saat orang lain mencari kata “Dangdut” maka Youtube akan memperhatikan beberapa hal tersebut, bukan hanya dari jumlah viewer nya saja.

Apa yang perlu di perhatikan?

  1. di YouTube studio terdapat feature yang dapat memperlihatkan bagaimana channel kalian dapat di temukan, yaitu menu ‘YouTube search box’. Di situ kalian bisa melihat beberapa keyword yang bisa kita pakai untuk menjadikan video atau konten kita selanjut nya menjadi video yang relevan bagi yang pernah menikmati konten kita sebelum nya, tanpa perlu subscribe.
  2. Tulis dekskripsi yang kuat dan mengandung unsur keyword itu sendiri. jika perlu 1-2 paragraf untuk memakasimal kan keyword yang kamu ingin kan. Namun jangan lupa jangan terlalu banyak menggunakan keyword yang dapat merusak deskripsi kamu sendiri.
  3. Tidak ada salah nya menggunakan feature “translation” atau terjemahan. Karena tidak semua orang mencari kata kunci dengan satu bahasa saja.
  4. Branstrom dengan ide-ide atau kata kunci dengan menggunakan feature dari suggested keyword, contoh saat kita mengetik kata “dangdut” perhatikan kata yang di sarankan oleh alogaritma dari YouTube yang bisa menjadi ide kata kunci untuk konten yang kita miliki.
  5. Ingatlah untuk memeriksa tab ‘tren’ untuk topik yang menarik bagi kamu atau mungkin lebih spesifik untuk niche atau kategori penonton yang kamu inginkan.
Baca Juga  [:id]6 Tools Digital Marketing yang Harus Kamu Punya[:en]6 Digital Marketing Tools You Must Have[:vi]6 công cụ tiếp thị kỹ thuật số bạn phải có[:]

Pada dasarnya buatlah konten yang lebih relevan untuk para calon audience atau penonton kamu. Karena hal tersebut dapat membentuk dan membangun channel kamu sendiri dan menambah jumlah penonton dan subscriber.

Semoga bermanfaat!

 

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini