Sejutakabar.com – Ada yang pernah dengar rampah yang bernama honje atau rias? ya itulah nama lain dari kecombrang. Biasanya di jual di pasar traditional dan sudah siap pakai untuk menjadi makanan. Ada satu resep yang menggunakan kecombrang ini, yaitu sambel matah kecombrang Bali.

Rasanya? jangan ditanya. Bagi para penikmat sambel atau pedas, sambek matah kecombrang jadi salah satu sambel yang wajib di coba karena kelezatan nya. Sambel khas dari pulau dewata ini memberikan rasa pedas, asam, dan segar apalagi di tambah dengan kecombrang yang memberikan aroma rempah, menjadikan sambel ini jadi idola.

Apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya?

Resep-Sambal-Matah-sejutakabar
© google image

Bahan-bahan :

– 8 bh. Cabai rawit merah/orange, Iris tipis
– 10 butir. Bawang merah, Iris tipis
– 1 batang. Serai ambil putihnya, Iris tipis
– 4 lembar. Bunga kecombrang, Iris tipis
– Secukupnya gula, garam & penyedap rasa
– 5 sdm. Minyak sayur, Panaskan sebentar

Cara membuat :

1. Campur semua bahan cabai + bawang merah + kecombrang + serai + gula + garam + penyedap rasa. Aduk rata.

2. Lalu tambahkan minyak sayur panas. Aduk rata.

Sambel ini sangat cocok di nikmati bersama nasi panas beserta ikan bakar atau ayam goreng.

Jika kamu suka dengan cita rasa khas Bali mungkin resep sambal ini bisa jadi obat rasa kangen akan suasana Bali.

Manfaat Mengkonsumsi Kecombrang

Kecombrang banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti bumbu ayam goreng, tumisan, makanan berkuah, urap, campuran gulai, dan yang paling terkenal adalah sambal.

Mengonsumsi tanaman yang biasanya memiliki tinggi sampai 5 meter ini tujuannya tidak hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi sebagai obat. Sebab kecombrang kaya akan kandungan gizi dan dapat membantu tubuh jadi lebih sehat.

Baca Juga  Resep sahabat: Resep Ikan Dori saus asam manis

Kandungan kecombrang antara lain adalah air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng, dan zat besi.

1. Batang kecombrang bisa sembuhkan batuk. Caranya dengan membakar atau memanggang batang kecobrang yang sudah tua, kemudian dikupas kulit luarnya, ditumbuk halus, lalu diperas airnya untuk diminum. Sebelum diminum, campurkan dulu air perasa batang kecombrang dengan air putih dan gula batu.

2. Memperkuat sel-sel tubuh karena kaya antioksidan. Kecombrang punya kandungan antioksidan yang kuat sehingga baik untuk menangkal kerusakan sel dalam tubuh, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan pertumbuhan berbagai bakteri.

3. Bantu membersihkan dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Sebagai penyedap rasa masakan yang alami. Itu karena kecombrang memiliki aroma yang kuat dan segar sehingga membuat aneka masakah sedang di hidung dan di mulut.

5. Mengatasi aneka masalah kulit seperti campak, cacar, dan penyakit kulit lainnya yang di sebabkan oleh virus, bakteri, atau kekurangan vitamin.

6. Membantu menghilangkan bau badan. Di dalam kecombrang terdapat kandungan zat aktif seperti flavonida, saponin, dan polifenolnya yang efektif hilangkan bau tak sedap pada tubuh Anda.

7. Untuk para wanita, konsumsi kecombrang juga bisa bantu mengurangi rasa mual saat hamil dan rasa sakit atau kram ketika sedang menstruasi.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini