Sejutakabar.com – Tahukah kamu peristiwa bersejarah apa saja yang terjadi pada tanggal 23 Mei? Bersumber dari wikipedia, sejutakabar menyusun peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada 23 Mei sepanjang masa.

Berikut Peristiwa Bersejarah Tanggal 23  Mei

23 Mei 1430, Jeanne d’Arc di tangkap

Jeanne d’Arc yang merupakan pahlawan wanita dari negara Perancis pada tanggal 23 Mei di tangkap oleh tentara Burgundi ketika mempertahankan kota Compiègne. Di Prancis ia dijuluki La Pucelle yang berarti “sang dara” atau “sang perawan”. Ia mengaku mendapat suatu pencerahan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan, dan menggunakannya untuk membangkitkan semangat pasukan Charles VII untuk merebut kembali bekas wilayah kekuasaan mereka yang dikuasai Inggris dan Burgundi pada masa Perang Seratus Tahun.

23 Mei 1568, Belanda Merdeka dari Spanyol

Belanda Merdeka dari Spanyol Pada tahun 1566, para penganut Protestan Provinsi Belanda memberontak melawan pemerintahan Katolik Roma Spanyol, yang memicu meletusnya Perang Delapan Puluh Tahun. Dipimpin oleh William dari Oranye, pemberontakan ini menyebabkan terbentuknya sebuah republik Protestan merdeka di utara, namun Spanyol baru mengakui kemerdekaan Belanda secara resmi pada tahun 1648.

23 Mei 1934, Bonnie & Clyde ditembak

Duo perampok bank Amerika Serikat, Bonnie dan Clyde, disergap polisi dan ditembak mati di Black Lane, Louisiana. Terkenal sebagai Bonnie dan Clyde (Bonnie Elizabeth Parker) adalah perampok dan kriminal terkenal yang beraksi di Amerika Serikat pada masa Depresi Besar. Bersama dengan gengnya, mereka merampok sejumlah bank, toko, dan SPBU. Geng ini dipercaya telah membunuh sedikitnya 9 orang polisi, sebelum akhirnya mereka ditembak mati di Louisiana, pada jalanan yang telah diblokir.

23 Mei 1968, Kenaikan Isa Al Masih Pertamakali

Kenaikan Isa Al Masih (Ascension Day ) menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya. peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, di mana disaksikan oleh para murid, Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.

Baca Juga  Cara Membesarkan Channel YouTube mu Sendiri. ( Part 1 )

23 Mei 1997, Jumat Kelabu

Kerusuhan Banjarmasin terjadi pada tanggal 23 Mei 1997. Saat itu Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusul kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997. Dilihat dari skala kerusuhan dan jumlah korban serta kerugiannya, peristiwa yang kemudian disebut sebagai Jumat Membara atau Jumat Kelabu itu termasuk salah satu yang terbesar dalam sejarah Orde Baru.

Namun, akibat ketertutupan pemerintah, tidak ada laporan yang akurasinya bisa dipercaya penuh. Mengenai apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan pada waktu itu. Dibandingkan dengan skalanya, berita-berita pers sangat terbatas dan tidak sebanding.

23 Mei 1997, Mohammad Khatami terpilih sebagai Presiden Iran

Mohammad Khatami terpilih sebagai Presiden Iran. Khatami diangkat sebagai presiden pada 23 Mei 1997 dan kembali terpilih pada 8 Juni 2001 untuk yang kedua kalinya. Sebagian besar kaum wanita dan pemuda Iran memilih Khatami. Karena janjinya untuk meningkatkan status wanita dan tanggap akan permintaan generasi muda Iran.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini