Sejutakabar.com – Brokoli merupakan keluarga kubis-kubisan yang dapat diolah menjadi berbagai menu lezat. Mengandung vitamin C, K, B5, A, B2, B6, E dan kolin, serta vitamin B1 dan B3 menjadikan sayuran ini sangat bergizi. Selain itu juga terdapat fosfor, potassium magnesium, zinc, zat besi, kalsium, selenium dan omega yang memenuhi kebutuhan harian.

Jika brokoli dijadikan cemilan sehari-hari, pastinya baik buat kesehatan. Berikut cara membuat Brokoli Goreng Crispy yang simpel dan enak ala sejutakabar:

Bahan-bahan Brokoli Goreng Crispy:

  1. 250gr potongan Brokoli
  2. 100ml air
  3. 1 siung bawang putih
  4. Tepung goreng crispy cap kriuk
  5. Garam secukupnya
  6. Bubuk cabe secukupnya
  7. Maestro thousand island
  8. 1 butir putih telur mentah
  9. 1/2 butir kuning telur ayam matang
  10. 1/2 buah lemon

Cara memasak:

Rebus potongan brokoli yang telah di cuci bersih dengan sejumput garam bersama bawang putih yang di memarkan selama 5 menit, angkat dan tiriskan.

Celupkan potongan brokoli kedalam putih telur yang telah ditaburi bubuk cabe, gulingkan merata di dalam tepung goreng crispy kemudian goreng menggunakan minyak kelapa dengan api kecil hingga kuning keemasan lalu angkat.

Lumatkan kuning telur yang telah matang dengan sendok di dalam wadah, lalu masukkan saus Thousand island secukupnya serta perasaan jeruk lemon. Aduk hingga merata.

Resep ini sangat cocok menjadi cemilan yang sehat. Bisa dinikmati juga bersama beberapa menu tambahan. Seperti nasi putih hangat, sambal, sayur asam, sop, rendang, dan lain-lain.

Manfaat Sayur Brokoli

Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung lutein karotenoid yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak dan makula. Selain lutein karotenoid, brokoli juga mengandung vitamin A yang memang terkenal untuk menjaga kesehatan retina mata. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli dapat menjaga kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan.

Baca Juga  Menikmati indahnya Sunset Dinner Cruise, Phnom Penh

Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya koleterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada dalam brokoli membantu sistem pencernaan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Serat yang ada dalam brokoli dapat mencegah sembelit. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim yang diproduksi oleh hati yang dipengaruhi oleh sulfarophane ini dapat mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Tidak hanya itu, sulfarophane juga dapat mengurangi resiko masalah pencernaan seperti maag dan infeksi lambung.

Mengontrol Tekanan Darah

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tenakanan darah. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan dapat tinggi, dapat mengkonsumsi agar tekanan darah menjadi normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan, brokoli ini ternyata juga baik dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercpat proses regeneras sel kulit mati.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini