Sejutakabar.com – Menyambut bulan suci Ramadhan diberbagai negara mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Apalagi untuk menu berbuka puasanya, masing-masing negara punya makanan lezat nya sendiri. Kita lihat yuk makanan favorite saat berbuka puasa dari berbagai negara.

Menu Berbuka Puasa Dari Berbagai Negara

Chebakia, dari Maroko

chebakia-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Chebakia adalah kue goreng yang terbuat dari potongan adonan digulung menyerupai bunga mawar, diolesi madu dan wijen. Ini adalah makanan khas Maroko yang populer di seluruh kota. Baghir adalah pancake yang berasal dari Afrika Utara, namun sangat populer di Maroko. Ada juga briouates yang berupa kue manis berisi daging, dicampur keju, lemon, merica, dan sayuran. Semuanya dibungkus dalam warqa berbentuk segitiga atau silinder.

Sambosa, Uni Emirates Arab
Sambosa-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Samosa atau Sambosa merupakan salah satu makanan khas Arab yang berasal dari Samosa India. Sambosa ini mirip dengan pastel di Indonesia. Kue berbentuk segitiga ini camilan gurih yang bisa diisi daging cincang, ayam atau keju. Kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah karena proses pembuatannya cukup mudah.

Sup Miju-Miju, Irak

sup-miju-miju-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Sup miju-miju adalah hidangan wajib Ramadhan bagi rakyat Irak dan negara-negara Timur Tengah saat merayakan bulan suci. Lentil adalah bahan utama dari berbagai hidangan otentik khas kawasan Mediterania. Ini diyakin sup tertua yang dibuat dari kacang-kacangan yang dibudidayakan di wilayah tersebut.

Gullac, Turki

gullac-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Gullac adalah makanan penutup di Turki, terbuat dari susu, buah delima, dan kue khusus. Dessert ini menjadi makanan tradisional sejak Kekaisaran Ottoman pada akhir 1400-an. Meskipun kue tradisional, namun sangat populer di bulan Ramadhan.

Checkchouka, Aljzair

chakchouka-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Chekchouka adalah hidangan terdiri dari telur rebus yang dicampur dalam saus tomat, cabai, dan bawang, juga dibumbui dengan jintan. Asal-usulnya tak diketahui, namun menjadi makanan pokok di negara-negara Afrika Utara.

Baca Juga  Berbagai manfaat dari Buah Tomat

Kolak Pisang, Indonesia

Resep-Kolak-Pisang

Kolak pisang adalah makanan berbuka puasa populer di Indonesia, terbuat dari pisang yang direbus di dalam santan kelapa, gula merah, dan daun pandan.

Bubur Lambuk, Malaysia

bubur_lambuk-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Bubur lambuk adalah bubur nasi populer di Malaysia. Isinya terbuat dari campuran sereh, rempah-rempah, sayuran, dan ayam atau daging sapi. Penduduk Malaysia juga suka makan ketupat untuk berbuka puasa. Ketupat dikemas dalam anyaman daun kelapa.

Malpuas, Pakistan

malpua-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Malpuas adalah pancake yang disajikan sebagai kudapan. Ini terbuat dari pisang yang dihaluskan juga kelapa, kemudian ditambahkan tepung, air, dan susu. Ada banyak variasi malpuas bergantung pada daerahnya, seperti penambahan nanas dan mangga.

Bocor Katiitow, Somalia Selatan

Bocor-Katiitoow-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Bocor katiitow adalah makanan berbuka puasa yang populer di Somalia Selatan. Ini terbuat dari labu, kapulaga, dan gula. Ada juga kac kac, yaitu donat khas Somalia yang terbuat dari roti digoreng.

Mahshi, Mesir

mashi-Menu-Berbuka-Puasa-Dari-Berbagai-Negara

Mahshi adalah hidangan terbuat dari squash, sumsum, atau zucchini. Menu ini populer di negara-negara Balkan dan Levant mengingat popularitas sejarah di wilayah Ottoman. Hidangan ini bervariasi, ada yang dibuat dengan atau tanpa daging.

Sebenarnya, apapun makanan yang kamu nikmati untuk menu berbuka puasa bisa di awali dengan yang manis-manis. Karena kondisi badan kita membutuhkan gula dan energi saat berbuka puasa.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini