Sejutakabar.com – Siapa yang tidak tahu Coto Makassar? Kuliner favorite dari daerah Sulawesi Selatan ini sudah terkenal di Indonesia. Namun konon katanya jika tidak ke makassar maka kamu tidak akan benar-benar merasakan rasa asli dari coto makassar tersebut.

Jangan takut, kamu sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar hanya untuk mencoba bagaimana rasa nikmatnya kuliner tersebut. Apalagi jika disajikan saat berbuka puasa. Yuk kita lihat resep segar mantapnya.

Resep Coto Makassar

Bahan-bahan :

  1. 1/2 kg daging sapi
  2. 2 ons kacang tanah
  3. Bumbu halus
  4. 7 bh bawang merah
  5. 4 bh bawang putih
  6. 1 ruas jahe
  7. 3 bh keminting
  8. Ketumbar bubuk
  9. 1 batang sereh
  10. Daun salam
  11. Daun jeruk
  12. Secukupnya garam, gula pasir, kaldu jamur dan minyak wijen
  13. Minyak goreng

Langkah

  1. Bersihkan daging sapi, kemudian potong2 dan rebus. Masukkan sereh, daun salam, daun jeruk serta garam dan kaldu jamur
  2. Sangrai kacang tanah (menggunkan api kecil) agar kacang tidak gosong. Kemudian blender sampe halus
  3. Siapkan bumbu halus, kemudian blender kecuali (sereh, daun salam dan daun jeruk) kemudian tuang bumbu halus ke wajan, tumis sampai kandungan air sat
  4. Apabila sudah sat, beri minyak goreng dan minyak wijen. Masukkan sereh yg sdh d geprek, daun jeruk dan daun salam. Tumis hingga mengeluarkan bau yg wangi.
  5. Kemudian masukkan kacang yg sdh diblender dan bumbu yg sudah d tumis ke dalam rebusan daging
  6. Aduk2 sampai rata, masukkan kembali garam, kaldu jamur serta gula pasir (cicipi) masak hingga bumbu meresap.
  7. Sajikan dimangkok beserta potongan daun bawang serta kucuran jeruk nipis ditambah dengan telur asin

resep-coto-makassar

Asal Usul Resep Coto Makassar

Kekhasan Coto Makassar tidak hanya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya, namun juga aspek sejarahnya.

Baca Juga  Review Okay Boutique Hotel, Phnom Penh

Coto Makassar sudah ada sejak masa Somba Opu yang merupakan pusat Kerajaan Gowa ketikaa mengalami kejayaan pada 1538. Saat itu Coto Makassar menjadi hidangan di Kerajaan Gowa. Demikian ditulis situs Halo Wisata.

Pada masa itu, para pengawal kerajaan menjadikan masakan ini sebagai menu makan pagi sebelum menjalankan tugasnya. Masakan yang terpengaruh oleh kuliner Tiongkok ini diperkirakan masuk Gowa pada abad ke-16.

Warung Coto Makassar pertama yang ada di Makassar adalah warung coto milik H. Dg. Sangkala. Warung coto yang sekarang tinggal nama tersebut dibangun pada 1940-an. Saking terkenalnya warung ini, para pejabat penting di negeri ini sering mengundangnya dalam berbagai acara-acara penting. Ribuan mangkok bisa dipesan dalam satu kali pemesanan.

Di Makassar sendiri sudah banyak bertebaran warung-warung yang menjual Coto Makassar dan selalu ramai dipadati oleh pembeli. Warung-warung tersebut banyak yang buka dari pagi hingga malam hari.

Menurut narablog Ipul, di Jakarta Anda bisa menuju ke kawasan Pasar Senen dan singgah di warung Coto Senen milik Pak Syamsul Daeng Ngawing. Selain itu, Anda juga bisa datang ke Coto Ampera di Jalan Ampera, Jakarta Selatan atau di kawasan Kelapa Gading.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini