sejutakabar.com – Pasti sudah banyak yang mengenal salah satu alat musik yang bernama Gitar. Namun sudah taukah kalian bagaimana instrument tersebut bisa sampai di Indonesia dan manjadi salah satu alat musik favorite?. Yuk kita bahas bagaimana sejarah gitar di Indonesia.

sejarah-gitar-romawi
© google image

Untuk menelusuri bagaimana gitar tersebut bisa masuk ke Indonesia sebaiknya sekalian kita mengetahui bagaimana dan kapan gitar di temukan menjadi alat musik.

Sejarah Gitar

Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur.

sejarah-gitar-tanbur
© google image

Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:

(1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan

sejarah-gitar-moriska
&vopy google image

(2) Guitarra Latina untuk memainkan akor.

sejarah-gitar-latina
© google image

Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol. Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela.

sejarah-gitar-al-ud
© google image

Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

sejarah-gitar-vuehala
© google image

Gitar di Indonesia

Gitar masuk di Indonesia pada abad ke 18 atau masa peralihan dari penjajah Portugis ke Belanda. Saat itu banyak tahan Portugis yang di bawa oleh Belanda ke daerah Jakarta Utara. Hampir di seluruh kampung tugu menjadi pemukiman para tahanan Portugis tersebut. Untuk menghibur diri maka orang-orang portugis itu memainkan alat musik yang mereka sebut guitarra yang seterus nya di kenal menjadi gitar oleh masyarakat kita.

Baca Juga  7 Jenis macam bubur dari berbagai negara.
sejarah-gitar-keroncong
© google image

Seiring waktu alat musik tersebut berasimilasi dengan penduduk Indonesia, dan menjadi alat musik pengiring dan pelengkap kroncong. Ada 3 jenis gitar yang dimainkan para tawanan saat itu, yaitu :

  1. Gitar Monica, yang terdiri dari 3 dawai
  2. Gitar Rorenga, yang terdiri dari 4 dawai
  3. Gitar Jitera, yang terdiri dari 5 dawai.
sejarah-gitar-monika
© google image

Butuh waktu sekitar 2 Abad untuk menjadikan gitar di kenal di seluruh pelosok tanah air, di perkenalkan melalui para bangsawan dan priai yang sering menggelar acara-acara yang menyajikan alunan musik kroncong.

Gitar di Era Modern

Perkembangan gitar terus menjadikan intrument tersebut menjadi alat musik favorit yang banyak di gunakan para musisi Indonesia. Kebutuhan akan gitar dengan suara yang kuat semakin nyata di era big band, ditandai dengan semakin berkembangnya orkestra-orkestra jazz pada tahun 1930 dan 1940.

sejarah-gitar-jazz
© google image

Gitar listrik pertama digunakan oleh gitaris-gitaris jazz yang memakai amplifier hollow bodied untuk mendapatkan suara yang lebih besar. Gitar listrik yang pertama adalah gitar hollow bodied dengan pickup baja yang dibuat oleh pabrikan Rickenbacker pada tahun 1931. Gitar listrik adalah instrumen kunci dalam perkembangan musik yang muncul sejak 1940, termasuk Chicago Blues, rock and roll dan blues rock 1962.

Fender

Tahun 1946 seorang tukang servis radio dan perakit amplifier Clarence Leonidas Fender yang lebih dikenal dengan Leo Fender mendisain gitar solid bodi pertama yang sukses secara comersial dengan sebuah pickup magnetik yang diberi nama Esquire.

sejarah-gitar-fender
© google image

Esquire versi dua pickup disebut Broadcaster. Gretcsch juga mempunyai drumset yang dipasarkan dengan nama yang mirip “Broadkaster”, sehingga Fender mengganti namanya menjadi Telecaster.

Tahun 1954 Fender mengenalkan Fender Stratocaster atau Strat. Stratocaster terlihat lebih mewah dan menampilkan berbagai perbaikan dan inovasi melebihi Telecaster. Fender mengenalkan sebuah gitar bass elektrik yang dinamakan Fender Precision Bass pada tahun 1951 sampai 2012.

Baca Juga  Kuliner: Makan siang di Dapur Solo

Vox

sejarah-gitar-vox
© google image

Pada tahun 1962, Vox memperkenalkan Gitar segi enam “Phantom”, aslinya dibuat di Inggris tetapi setelahnya diproduksi oleh Alter EKO dari Italia. Setahun kemudian diikuti oleh tear-drop shaped Mark VI, prototip yang dipakai oleh Brian Jones dari The Rolling Stones dan kemudian Jhonny Thunders dari New York Dolls.

Pada tahun 1960 saat gitar elektrik 12 string mulai populer, Vox memperkenalkan Panthom XII dan Mark XII. Vox juga memroduksi model tradisional lain dari 6 string dan 12 string baik di Inggris maupun Italia.

Guitar Effect

sejarah-gitar-effect
© google image

Tahun 1960 warna-warna penadaan pada gitar listrik selanjutnya dimodifikasi dengan mengenalkan sebuah effect box dalam alur signal, dibangun dalam sebuah casis logam dengan saklar on/of dengan kaki.

Sepertinya stomp box telah menjadi bagian penting dalam banyak genre musik. Secara tipikal sound efek meliputi stereo chorus, fuzz, wah-wah, flanging, compression/ sustain, delay, reverb dan phase shift. Tidak semua gitar efek berupa elektrnik tahun 1967, Jimmy Page dari The Yardbird dan Led Zepelin menciptakan psychedelic sound effect dengan memainkan gitar dengan sebuah penggesek biola dan memukul senar dengan penggesek tersebut.

Tahun 1980 dan 1990, effect digital dan sotware effect mulai bisa mereplikasi effect analog. Efect digital ini mencoba suara yang dihasilkan effect analog dengan untuk memvariasikan derajat kualitasnya. Begitu banyak program komputer untuk efect gitar bisa didownloud secara gratis via internet. Sekarang dengan memakai sebuah soundcard sebuah komputer bisa digunakan sebagai sebuah effect gitar digital.

Tapi walau effect digital dan software effect banyak memberi keuntungan, banyak gitaris masih memakai effect analog.

Nilai Kualitas Konten

TINGGALKAN PESAN

Masukan Komentarmu!
Masukan Namamu disini